Toyota Menjual 202.000 mobil sepanjang Jan-Juni 2012

Toyota AvanzaMengakhiri paruh pertama 2012, Toyota memperkuat posisinya sebagai market leader di pasar otomotif nasional dengan membukukan penjualan 202.519 unit atau pangsa pasar 37,8% dari total pasar kendaraan di dalam negeri yang mencapai 535.263 unit.

Toyota mengalami pertumbuhan positif sepanjang enam bulan pertama tahun ini jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar 36,5%. Pencapaian semester I/2012 ini sudah melampaui target yang dipatok di awal tahun, yang hanya 36%.

“Kami bersyukur atas pencapaian semester pertama tahun ini. Raihan positif ini berkat kepercayaan pelanggan yang terus meningkat, selain ditunjang oleh pertumbuhan perekonomian. Keberhasilan ini adalah keberhasilan bersama Toyota dan para pelanggan,” kata Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM).

Sepanjang semester I/2012, Toyota menjadi pemimpin di hampir semua segmen kendaraan. Di kelas sedan, Toyota membukukan total penjualan 9.075 unit, dengan market share 57,4% atau tumbuh dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang hanya 49,7%.

Toyota Vios dan Toyota Limo yang merupakan entry level sedan Toyota, berhasil menjadi kontributor utama penjualan dengan total 6.309 unit atau pangsa pasar sebesar 68,2% di kelasnya. Adapun, sedan Corolla mengalami pertumbuhan paling pesat di kelasnya, yakni dengan market share dari 54,4% menjadi 72%.

Di segmen Mobil kompak, Toyota Yaris menjadi tulang punggung penjualan dengan 12.910 unit pada enam bulan pertama tahun ini. Pencapaian tersebut meningkatkan pangsa pasar Yaris di kelas compact Car dari 30,2% pada semester I/2011 menjadi 36,3% pada semester I/2012.

Penjualan Toyota di segmen MPV mengalami pertumbuhan 25,4% pada semester pertama 2012. Secara kuantitas, segmen MPV dengan line up product Toyota Avanza, Toyota Innova, dan Toyota Alphard, membukukan penjualan 136.694 unit dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar 109.016 unit.

Sementara itu, Toyota Rush dan Toyota Fortuner juga terus mencatatkan angka pertumbuhan. Sepanjang semester I/2012, kedua model ini membukukan total penjualan 28.635 unit atau menguasai pangsa pasar di segmen SUV sebesar 44,4%.

Pada semester I/2012, Toyota membukukan total penjualan 187.934 unit untuk segmen kendaraan penumpang. Hasil ini semakin mengukuhkan dominasi Toyota di pasar kendaraan penumpang dengan pertumbuhan pangsa dari 49,6% menjadi 50,4%.

Pertumbuhan tidak hanya terjadi di segmen kendaraan penumpang. Pada paruh pertama tahun ini, segmen kendaraan niaga yang dengan line up product Toyota Hilux dan Toyota Dyna membukukan total penjualan 14.297 unit atau tumbuh 26,5% dibandingkan dengan torehan semester yang sama tahun lalu.

 

Harga Mobil Toyota Semarang 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s