Toyota Raih 3 Top Brand 2012

Toyota Raih Penghargaan Top Brand 2012Harga Mobil Semarang – Jakarta (8/02/2012) – Toyota kembali meraih penghargaan di bidang marketing pada awal 2012 ini. Tiga merek produk Toyota yaitu, Yaris, Kijang Innova, serta Avanza berhasilmeraih predikat Top Brand, sebuah penghargaan yang di berikan oleh Frontier Consulting Group bekerja sama dengan majalah Marketing kepada brand-brand yang memenuhi 2 kriteria penilaian yang di tetapkan.

Survei Top Brand ini terbagi menjadi dua jenis survei. Yang pertama adalah survei dengan target populasi responden general, dan kedua adalah survei B2B dan survei kontraktor. Survei Top Brand responden general melibatkan 2.400 sampel random, dan 1.200 sampel booster. Survei ini dilakukan di enam kota, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, dan Makassar. Sementara survei B2B melibatkan 450 perusahaan yang berada di Jakarta dan Surabaya, dan 75 responden kotraktor.

Kriteria responden general adalah pria atau wanita yang berusia antara 15-65 tahun. Dengan tingkat SES atau pengeluaran rata-rata keluarga per bulan antara SES E (pengeluaran rata-rata lebih dari Rp. 750.000 per bulan) hingga SES A (pengeluaran rata-rata lebih dari Rp 3,5 juta per bulan). Kriteria sample booster adalah responden yang berasal dari tingkat SES A, sample ini ditambahkan untuk menambah incident rate dari produk-produk premium.

Sample survei Top Brand general diambil dengan menggunakan metode multistage random sampling untuk sample random. Sementara sample booster diambil dengan menggunakan metode purposive sampling. Survei dilaksanakan dengan metode face to face personal interview. Survei B2B dilakukan dengan menggunakan metode stratified random sampling, dengan menggunakan bussines line sebagai strata. Responden B2B yang di wawancara adalah bagian purchasing, bagian GA (General Affair) atau bagian IT (information technology), yang menentukan pembelian barang/produk di tiap perusahaan.

Ketiga produk Toyota itu berhasil meraih nilai tertinggi dalam survei yang selenggarakan oleh Frontier bersama Majalah Marketing dengan menggunakan pola top of mind awareness (merek yang pertama kali disebut oleh respon den ketika ketegori produk disebutkan), last used (merek yang terakhir kali digunakan responden dalam 1 re-purchase cycle), dan future intention(merek yang ingin dikonsumsi di masa mendatang) serta memenuhi 2 kriteria penilaian yang ditetapkan, yaitu sebagai merek-merek yang memperoleh Top Brand Index minimum sebesar 10% dan merek-merek yang menurut hasil survei berada dalam posisi top three di dalam kategori produknya.

Kami bersyukur, Penghargaan Top Brand Award 2012 yang Toyota raih ini telah memberikan gambaran bahwa produkdan layanan Toyota suda hteruji dan mendapat posisi kepercayaan tertinggi di mata konsumen. Penghargaan inimembesarkan hati dan akan menjadi pendorong kami untuk terus menerus berupaya meningkatkan kepuasan dankenyamanan kepada pelanggan,” kata Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor (TAM), Johnny Darmawan.

Bagi Toyota Kijang Innova, penghargaan Top Brand kali ini semakin memperkuat posisinya sebagai salah satu kendaraan idaman keluarga Indonesia. Kendaraan kategori Multi Purpose Vehicle (MPV) ini secara terus menerus selama 11 tahun berturut-turut berhasil meraih indeks tertinggi Top Brand Award sejak tahun 2002 untuk kendaraan dikategorinya dan berhasil mendapatkan penghargaan tambahan Top Brand Platinum Award, sebagai kendaraan yang konsisten selama minimum 8 tahun berturut-turut mendapatkan penghargaan Top Brand sebagai merek terbaik.

Demikian pula dengan mobil terlaris di Indonesia saat ini, yaitu Avanza. Kendaraan mini MPV yang masih menjadi contributor terbesar penjualan Toyota di Indonesia ini juga memiliki catatan prestasi tidak jauh berbeda dengan Toyota Kijang. Toyota Avanza ini juga berhasil mengukuhkan posisinya selama 5 tahun berturut-turut sejak tahun 2008.

Pada 2011 lalu, Toyota Avanza juga telah terpilih sebagai brand yang layak menerima The Best in Achieving Total Customer Satisfaction berdasarkan survei yang diselenggarakan Majalah SWA bersama konsultan pemasaran Mars.

Sedangkan untuk Toyota Yaris, Masuknya sedan kompak ini dalam jajaran Top Brand Award 2012 juga telah member catatan tersendiri bagi sedan kompak ini. Berturut-turut sejak tahun 2010, Toyota Yaris mendapatkan penghargaan Top Brand selama 3 tahun berturut-turut. Setelah sebelumnya berhasil meraih predikatsebagai Car of The Year di ajang Indonesian Car of The Year 2009 pilihan majalah Mobil Motor, Yaris juga menjadi pilihan utama para komunitas di Brand Choice Award by Community 2009 Majalah SWA danmenjadi Favorite Car dalam ajang Auto Bild Award 2010.

Berbagai deretan penghargaan ini semakin meyakinkan bahwa posisi Toyota Yaris dimata konsumen kian melejit. Tidak heran jika penjualan Yaris terus meningkat dari tahun ke tahun. Sepanjang Januari 2012 lalu, TAM berhasil membukukan penjualan Yaris sebanyak 1.196.

Sumber: Toyota.astra.co.id
Harga Mobil Toyota Semarang 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s